Senin, 28 Januari 2013

PERTANIAN ORGANIK

APA ITU PERTANIAN ORGANIK.?


Baiklah coba saya mulai buat artikel tentang pertanian tapi kali ini saya khususnya hanya pertanian pola organik saja.

Pertama-tama sesuai pertanyaan di atas APA ITU PERTANIAN ORGANIK.?
Pertanian organik adalah sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.
Beberapa tanaman Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan dengan teknik tersebut adalah padi,holtikultura sayuran dan buah (contohnya:brokoli,tomat,cabai,pepaya, dll.), tanaman perkebunan (teh,kopi,coklat dll.), dan rempah-rempah atau palawija.
Pengolahan pertanian organik didasarkan pada prinsip kesehatan,ekologi,keadilan dan serta perlindungan.

Yang dimaksud dengan PRINSIP KESEHATAN dalam pertanian organik adalah kegiatan pertanian harus memperhatikan kelestarian dan peningkatan kesehatan tanah, tanaman, hewan, bumi, dan manusia sebagai satu kesatuan karena semua komponen tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan.
Pertanian organik juga harus didasarkan pada siklus dan sistem EKOLOGI kehidupan. Pertanian organik juga harus memperhatikan KEADILAN baik antarmanusia maupun dengan makhluk hidup lain di lingkungan.Untuk mencapai pertanian organik yang baik perlu dilakukan pengelolaan yang berhati-hati dan bertanggungjawab MELINDUNGI kesehatan dan kesejahteraan manusia baik pada masa kini maupun pada masa depan. Bisa diartikan pertanian organik adalah sistem pertanian jaman dulu.sumber dari "wikipedia.

KENAPA HARUS ORGANIK.?

Ketegantungan terhadap pemakaian pupuk kimia dan pestisida kimia pada bidang pertanian telah mengakibatkan lahan yang semula gembur menjadi gersang dan tandus. Hal ini diakibatkan oleh reaksi pupuk kimia terhadap sifat fisik dan kimia tanah ditambah lagi dengan matinya organisme pengurai dalam tanah karena penggunaan pestisida kimia.
Kondisi ini menjadi semakin buruk karena petani menjadi tergantung dengan bahan-bahan kimia tersebut. Sehingga dosis yang diberikan cenderung terus naik karena kekhawatiran gagal panen atau hasil yang kurang memuaskan. 


Kondisi tanah akan mempengaruhi tanaman budidaya setelahnya. Kandungan unsur hara tanaman cenderung kurang lengkap karena pemupukan kimia sering kali mengabaikan pengembalian unsur mikro ke dalam tanah.

Penggunaan pestisida yang kurang terkendali telah mengkibatkan terserapnya bahan berbahaya oleh tanaman dan mengendap dijaringan tanaman disamping yang menempel pada organ daun atau batangnya.Kepedulian akan kelestarian alam dan arti penting kesehatan bagi manusia telah menggugah kesadaran untuk memulai usaha tani bersahabat yang kini dikenal dengan PERTANIAN ORGANIK. Sumber dari pertanianorganik


Ayoo sobat kita galakan PERTANIAN ORGANIK, cintai dan jagalah bumi kita.



0 komentar:

Poskan Komentar