Rabu, 27 Februari 2013

GAJIAN TIAP BULAN DENGAN TANAM JAHE ORGANIK DALAM KARUNG ATAU POLIBEK

Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar sob? baik-baik aja kan. Hai sob pernah ga beranggapan sepeti ini "bertani itu tidak bisa memberi penghasilan tiap bulannya", Bertani hanya memberi penghasilan pas pada waktu panen saja. Menurut saya anggapan ini 100% salah, buang jauh2  tuh sob anggapan sperti itu.
Gimana cara mempunyai penghasilan tiap bulannya dari bertani disini kita akan membahasnya. Ya salah satunya dengan cara menanam jahe dengan media karung seperti postingan saya sebelumnya DISINI.
Nah kalau sudah membaca postingan saya tentang tanam jahe sekarang tinggal menerapkan. Caranya tiap bulannya kita musti tanam jahe ya misal 20-40 polibeg/karung. Jadi diawal tiap bulannya kita tanam jahe. Contoh misal bulan january minggu awal kita tanam 40 polibeg/karung jahe, maka bulan february di minggu awal berikutnya kita tanam lagi 40 polibeg/karung, begitu juga bulan maret dan bulan-bulan berikutnya terus countinew. 

Kalau tanam terus kapan panennya hehe..?? 
Biasanya jahe sudah bisa dipanen di usia 8-10 bulan, kalau menurut saya lebih baik kita panen di usia 10 bulan saja supaya jahe matang tua sempurna. Jadi untuk jahe yang kita tanam di bulan january kita panennya di bulan november awal, bulan february panen di bulan desember, maret panen di january, begitu seterusnya sehingga mulai bulan november sampai kedepan kita akan mempunyai penghasilan tiap bulannya dari hasil bertani.
Untuk skema tanam dan waktu panen bisa dilihat dari tabel di bawah ini.


Waktu TanamJumlah TanamWaktu Panen
January40 karungNovember
February40 KarungDesember
Maret40 KarungJanuary
April40 karungFebruary
Mei40 karungMaret
Juny40 karungApril
July40 karungMey
agustus40 karungJuny
September40 karungJuly
Oktober40 karungAgustus
November40 karungSeptember
Desember40 karungOktober


Hitung-hitunganya gimana? berapa rupiah yang kemungkinan bisa kita hasilkan tiap bulan.

Modal Tiap bulannya :  

Bibit jahe 40 rimpang x Rp.1.000,-     Rp.40.000 === > ( sekitar 1,5 - 2 kg jahe )

Polibeg/karung 40 x Rp.1.500          Rp.60.000

Pupuk SOT dan Phefoc                    Rp.70.000

TOTAL                                                 Rp.170.000,- 

Hasil tiap bulannya :                              
          
Tanam jahe media karung dengan pola HCS bisa menghasilkan 10-20kg tiap polibeg/karungnya. Tapi disini kita ambil contoh hasil terendah saja misalkan saja 1 polibeg/karung menghasilkan 5kg jahe dan harga jual per kilo jahe Rp.15.000.

Maka :   40 karung x 5kg                 200kg

               200kg x Rp.15.000           Rp.3.000.000

Jadi bisa kita ketahui nantinya mulai bulan november sampai terus kedepan kita akan mendapat penghasilan Rp.3.000.000. hasil ini bisa lebih jika hasil panen kita bisa maksimal dan harga jual jahe naik. Bagi saya sendiri penghasilan segitu sudah sangat WAOOWW.. gimana dengan sobat??

Gimana sob?? Masihkan berpikiran bahwa bertani itu kurang menghasilkan??
Pikir-pikir lagi sob.
Semoga saja artikel ini bermanfaat buat sobat-sobat semua.

Wassalamualaikum wr wb...

INFO BISNIS TANPA MODAL KLIK DISINI





13 komentar:

  1. Pak, saya tertarik bisa tanam jahe tiap bulan. Tapi ada yg bilang koq sulit ya nanam di luar "musim"nya. Harap diberikan pencerahan soal ini ya Pak? Tanah yang cocok seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang jahe membutuhkan asupan air yg lumayan tinggi. tp ini bisa kita siasati jika kita menanam jahe dng media karung / polibeg / keranjang jd pas musim kemarau kita siram pagi dan sore nya seperti kita menyiram bunga di pekarangan sj pak.

      Hapus
  2. saya tertarik dengan metode ini untuk diterapkan pada kebun jahe saya pak, kira2 ada alamat atau tempat yang bisa dikunjungi sebagai cntoh area penanaman cabe polibeg apa tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini hanya sebuah popaganda untuk jual produk, gan, jadi kalo ternyata ga' ada dikasih alamat petani yang sudah menggunakan pola ini, sepertinya hanya sebuah teori.

      Hapus
  3. Salam tani super!
    Mau tanya nih mas, hasil jahe 10-20 kg per karung dgn pola tanam ala hcs ini tuh usia tanaman waktu panen apa bener2 10 bln? soalnya, kalau dgn pola konvensional atau organik biasa secara intensifpun butuh waktu +-1.5-2 th untuk mencapai hasil segitu..
    Suwun..

    BalasHapus
  4. mas sunaryo apa media harus full terkena sinar matahari?
    apa tempat yg teduh atau kurang sinar matahari bisa di tanami?

    BalasHapus
  5. Satu kelemahan kita, tidak berani berubah, tidak berani melangkah.... lha wong indonesia tu negara agraris.... kok ya masih impor beras..... tepung... kedelai..... impor daging sapi.... so.. sekarang waktunya kita menjadi contoh bagi keluarga... lingkungan dan masyarakat di sekitar kita.... hayo siapa berani........ ???

    BalasHapus
  6. Wah mantab bos,, bisa di coba nih,, dan saya langsung action, mudah2an sukses,, Amin..

    BalasHapus
  7. persoalannya pemasarannya om, apa ada jalan menuju roma, maksudnya ekpor, di sumut konon ada petani jahe tdk lagi mau panen krn harga jatuh hanya 3000/kg, idealnya sekitar 8 sd 10rb/kg kalau bukan 15rb. salam

    BalasHapus
  8. harga benihnya per kilo berapa pak?

    BalasHapus
  9. analisanya kurang detail bos..
    fluktuasi harga itu juga patut diperhitungkan
    kemudian biaya/upah kerja dan juga biaya pemeliharaan..
    hama penyakit???
    kalau analisa seperti si bos diatas semua orang juga udah pada kaya-kaya..

    BalasHapus
  10. Saya senada dgn pak muso.. langsung eksen....

    BalasHapus
  11. bohong,,,penulinya bohomg

    BalasHapus